Biography Nain Singh Rawat - Penjelajah India

Biografi Profil Biodata Biography Nain Singh Rawat - Penjelajah IndiaNain Singh Rawat (21 Oktober 1830 - 1 Februari 1882), adalah salah satu penjelajah India abad ke-19 yang pertama yang menjelajahi Himalaya untuk Inggris. Dia berasal dari Lembah Johar Kumaon . Dia memetakan rute perdagangan melalui Nepal ke Tibet, menentukan untuk pertama kalinya lokasi dan ketinggian Lhasa , dan memetakan sebagian besar Brahmaputra , sungai Brahmaputra utama. Pada tahun 1865-66, Nain Singh menempuh jarak 1200 mil dari Kathmandu ke Lhasa dan dari sana ke Danau Manasarovar dan kembali ke India. Perjalanan terakhir dan terbesarnya adalah dari Leh di Ladhak melalui Lhasa ke Assam pada tahun 1873-75. Atas prestasinya yang luar biasa dan kontribusinya, Nain Singh mendapat banyak penghargaan dari Royal Geographical Society.

Pada tahun 1865, dengan sepupunya Mani Singh, Nain Singh meninggalkan Dehra Dun , Survei Trigonometri markas India utara India, untuk Nepal . Dari sana Mani kembali ke India melalui Tibet barat. Nain melanjutkan ke Tashilhunpo, di mana dia bertemu dengan Panchen Lama , dan Lhasa , di mana dia bertemu dengan Dalai Lama . Selama tinggal di Lhasa, identitas sebenarnya ditemukan oleh dua pedagang Muslim Kashmir yang tinggal di sana. Bukan saja mereka tidak melaporkannya ke pihak berwenang, mereka meminjamkan sejumlah kecil uang untuk tidak menerima arlojinya. Nain Singh kembali ke India melalui Danau Mansarowar di Tibet barat.

Biografi Profil Biodata Biography Nain Singh Rawat - Penjelajah IndiaPada pelayaran kedua, pada tahun 1867, Singh menjelajahi Tibet barat dan mengunjungi tambang emas Thok Jalung yang legendaris. Dia melihat bahwa para pekerja hanya menggali emas di dekat permukaan, karena mereka percaya menggali lebih dalam adalah sebuah kejahatan terhadap Bumi dan akan menghilangkan kesuburannya. Pada tahun 1873-75, dia melakukan perjalanan dari Leh di Kashmir ke Lhasa, dengan rute yang lebih ke utara daripada yang ada di sepanjang Tsangpo yang dia jalani dalam perjalanan pertamanya.

Sebagai pengakuan atas prestasi eksplorasi yang luar biasa, mengenai siapa Colonel Henry Yule berkomentar bahwa "penjelajahannya telah menambahkan pengetahuan penting yang lebih besar ke peta Asia daripada orang hidup lainnya", Nain Singh diberi kronometer emas bertuliskan oleh Royal Geographic Society (RGS) pada tahun 1868. Ini diikuti dengan penghargaan Medali Victoria atau Pelindung RGS pada tahun 1877. Society of Geographers of Paris juga memberikan Nain Singh sebuah risalah bertuliskan. Pemerintah India memberikan dua desa sebagai hibah tanah kepadanya. Nain Singh Rawat meninggal di Moradabad kolera sekitar tanggal 1 Februari 1882.