Biodata Taeyeon - Personil SNSD Girls' Generation

Biografi Profil Biodata Taeyeon Penyanyi Korea SelatanTaeyeon bernama lengkap Kim Tae-yeon (dibaca [tæːjʌn]; lahir di Jeonju, 9 Maret 1989; umur 27 tahun) adalah seorang penyanyi asal Korea Selatan, dan merupakan pemimpin grup Girls' Generation, dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2007. Dia juga bekerja sebagai Disc Jockey (DJ) dan muncul dalam berbagai acara realitas, serta meluncurkan singel solo. Dia dikenal sebagai Taiyan (太妍; Tàiyán) di Taiwan, ditulis 泰妍 dalam aksara Tionghoa.

Ia adalah seorang penyanyi dengan nama lahir Kim Tae-Yeon. Ia mengawali debutnya bersama Girls' Generation dan mulai merambah dunia hiburan, dan DJ Radio. Posisi di SNSD sebagai leader, main vocal, serta dance ke 6 (setelah Seohyun). Memiliki tinggi 160 cm pada tahun 2013. Memiliki seorang kakak lelaki bernama Kim Ji-woong dan seorang adik perempuan bernama Kim Ha-yeon. Kedua orangtuanya adalah pemilik toko kacamata di kota kelahirannya. Taeyeon bergabung dalam sub-grup Girls' Generation-TTS bersama Tiffany dan Seohyun. Sub-grup ini telah merilis album pertamanya, "Twinkle". Selanjutnya mereka mengeluarkan album kedua mereka dengan judul "Holler".

Biografi Profil Biodata Taeyeon Penyanyi Korea SelatanTaeyeon lahir di kota Jeonju, pada tanggal 9 Maret 1989. Ia terlatih dalam menyanyi dan menari. Taeyeon mulai dikenal dalam Kontes Terbaik Tahunan SM Entertainment ke-8 tahun 2004, memenangkan Juara Pertama Penyanyi Terbaik & Hadiah Utama dalam kontes tersebut.[2] Kemudian, dia dibimbing di SM selama 5 tahun dan 3 bulan. Pada tahun 2004, ia tampil dalam lagu The One berjudul "You Bring Me Joy" sebelum memulai debut sebagai pemimpin Girls' Generation. Ia merupakan lulusan Jeonju Art High School tahun 2008 dan diberi penghargaan Lifetime Achievement Award oleh sekolah tersebut. Pada tahun 2011 ia juga tampil dalam lagu The One yang bertajuk "Like A Star". Ia pernah berduet dengan Kangta dalam lagu yang berjudul "7989". Kangta adalah rekan selabelnya, SM Town.

Tahun 2015, SM Entertainment mengumumkan bahwa Taeyeon akan melakukan debut sebagai penyanyi solo pada tahun ini. Tanggal 30 September 2015, SM Entertainment secara resmi merilis teaser pertama debut solo Taeyeon, yang menandai bahwa debut solo Taeyeon benar terjadi. Taeyeon debut sebagai penyanyi solo dengan mini album pertama, "I". Taeyeon tampil untuk pertama kalinya sebagai penyanyi solo di Mnet M! Countdown, dengan membawakan lagu utama yang juga mempunyai judul yang sama sepertinya albumnya, "I". Album Solo Taeyeon ini berhasil mengalahkan album Grupnya Girls Generation 'Lion Heart'. Taeyeon juga mempunyai variety show pertamanya sendiri, yaitu "일상의 탱9캠 / Daily Taenggoo Cam".