Biodata Allafta Hirzi Sodiq - Zizi Si Pianis Cilik

Biografi Profil Biodata Allafta Hirzi Sodiq - Zizi Pianis Cilik The Voice Kids IndonesiaZizi yang bernama lengkap Allafta Hirzi Sodiq adalah bocah Tunanetra yang mahir bermusik dan seorang penghafal Alquran. Umurnya baru tujuh tahun namun menurut sang ibu, Afifah Nur, Zizi telah hafal surat-surat dalam Juz Amma atau Juz ke-40, Surat Yasin dan Ar-rahman. Metode yang digunakan Afifah supaya Zizi mampu menghafal Alquran terbilang cukup sederhana. "Zizi itu metode menghafal Alqurannya pakai metode pendengaran saja. Dia sudah mulai menghafal Alquran sejak berusia dua tahun," kata ibu yang mengenakan jilbab kepada Republika.co.id, Rabu,(2/12).

Mengenai keahlian sang anak berusia tujuh tahun itu, Afifah memiliki cerita tersendiri. Memang metode yang digunakan serupa dengan belajar Alquran karena hanya menggunakan pendengaran. Namun ketika belajar musik, Zizi berusaha secepat mungkin menginstrumentalisasi lagu-lagu yang ia dengar ke dalam nada piano. Alunan jari-jari mungilnya pun sanggup memencet tuts piano hingga menghasilkan nada-nada indah. Tubuhnya yang kecil sekitar 30 kilogram tidak menghalangi mimpi-mimpi besarnya.

Penampilan Zizi terbilang memukau pada pembukaan dan penutup program "Musik untuk semua" yang digagas Kedutaan besar Australia dengan Sekolah Luar Biasa (SLB-A) pembina yang terletak di jalan pertanian raya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Rabu (2/12) siang. Lewat penampilan dalam program itu, Zizi yang baru menginjakan kaki di kelas satu SD mampu menunjukan kualitas dan kemampuan tunanetra di atas rata-rata.

Afifah sendiri berusaha membentuk Zizi sebagai sosok tangguh pemilik beragam keahlian. Ia menginginkan Zizi dipandang setara dengan anak-anak lain yang tidak memiliki kebutuhan khusus. Sehingga ia merasa jika Zizi tidak memiliki kelebihan, maka anak pertamanya itu akan dipandang sebelah mata. Meski begitu, ia menganggap usahanya meningkatkan kelebihan Zizi bukanlah pemaksaan. Zizi pun merasa nyaman karena kemampuan dan bakatnya dapat tersalurkan. Zizi memiliki indra pendengaran yang terbilang tajam hingga merasa terganggu ketika volume speaker terdengar terlalu keras. Zizi kurang menyukai jika bernyanyi langsung memegang mikropon, hingga akhirnya ibunya lah yang memegangkan mic itu untuk Zizi.