Profil Soni Sumarsono - Plt Gubernur DKI Jakarta

Biografi Profil Biodata Soni Sumarsono - Pejabat Plt Gubernur DKI JakartaSoni Sumarsono yang lahir 22 Februari 1959 di Tulungagung, Jawa Timur merupakan salah satu pejabat Eselon I Kementerian Dalam Negeri. merupakan lulusan dari Universitas Gajah Mada. Soni bekerja di Departemen Dalam Negeri sebagai Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Ia adalah pejabat Gubernur Sulawesi Utara yang diangkat berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 99/P Tahun 2015 tanggal 16 September 2015 mengingat adanya pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulut yang akan dilaksanakan secara serentak dengan 268 daerah lainnya pada 9 Desember 2015.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono resmi menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta. Ia resmi menempati posisi tersebut setelah mengikuti acara peresmian dan serah terima nota pengantar tugas di Gedung Kemendagri, Rabu (26/10/2016) siang. Dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang dibacakan dalam acara tersebut, Soni diberi kewenangan, di antaranya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, memfasilitasi penyelenggaraaan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017, dan menjaga netralitas PNS.

Biografi Profil Biodata Soni Sumarsono - Pejabat Plt Gubernur DKI JakartaSoni menjadi pejabat pengisi sementara Gubernur DKI terhitung mulai 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017. Jabatan Gubernur DKI Jakarta untuk sementara ditinggal pejabat petahana, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang harus cuti selama masa kampanye Pilkada DKI 2017. Ahok bersama Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat turut hadir dalam pelantikan Soni menjadi Plt Gubernur DKI. Hadir pula sejumlah pejabat Pemprov DKI dan anggota DPRD DKI.